Rabu, 25 Maret 2015

Sungai Maron Pacitan, “Green Canyon” Menawan yang Patut Dikunjungi

Sungai Maron Pacitan, “Green Canyon” Menawan yang Patut Dikunjungi


Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron Pacitan adalah sebuah destinasi wisata alam di Kabupaten Pacitan yang menyuguhkan pengalaman menyusuri sungai yang jernih dengan panorama indah dan unik. Aliran Sungai Maron ini dikelilingi dengan pepohonan hijau yang lebat dan tanaman kelapa di sepanjang tepian sungai. Sejak dulu, jernihnya air sungai maron ini telah dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai sumber mata air bersih bagi kebutuhan sehari-hari.
Secara administratif, Sungai Maron Pacitan terletak di Desa Dersono, Kec. Pringkuku. Inilah “Green Canyon”nya Pacitan, sebuah hal yang juga dapat Anda temui tatkala menelusuri salah satu destinasi wisata Pangandaran yang terkenal, yakni Green Canyon Pangandaran. Dari pusat kota Pacitan, Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama sekitar 45 menit untuk dapat tiba di Sungai Maron. Sementara dari Goa Gong, jarak tempuh ke Sungai Maron hanya sekitar 15 km.
Pesona keindahan Sungai Maron memang belum setenar destinasi wisata Pacitan lainnya, seperti Goa Gong, Pantai Klayar, dan Teleng Ria. Oleh karenanya, tujuan wisata yang yang satu ini masih belum banyak dibicarakan di berbagai komunitas penikmat perjalanan.

Baca juga: Inilah 7 Tempat Wisata di Pacitan Paling Menarik
Aliran Sungai Maron Pacitan
Aliran Sungai Maron Pacitan
Karena belum banyak dikunjungi para wisatawan tersebut, destinasi Sungai Maron Pacitan ini masih dalam kondisi yang begitu natural dengan keindahannya yang kental. Inilah yang menyebabkan beberapa artis dari ibukota yang pernah mengunjungi Sungai Maron di Pacitan rindu untuk menyusuri kembali sungai yang satu ini.
Alamat Sungai Maron: Desa Dersono, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -8.238044,110.984022

Hal Menarik Sungai Maron Pacitan

Cara terbaik untuk menikmati pesona green canyon ini adalah dengan menyewa perahu penduduk, lalu menyusuri sungai yang panjangnya mencapai hingga 4,5 km dalam durasi perjalanan selama 45 menit. Anda akan menemukan pengalaman wisata yang menyenangkan tatkala mengarungi pesona yang dimiliki sungai jernih yang kedalamannya bahkan dapat mencapai hingga 20 meter.
Air Sungai Maron yang jernih
Air Sungai Maron Pacitan yang jernih
Tetapi di kala musim penghujan, pesonanya akan berkurang jauh karena air sungai yang berubah menjadi kecoklatan akibat hujan dan luapan air.
Untuk mengarungi Sungai Maron, Anda harus menjumpai warga setempat dan menyewa perahu yang akan membawa Anda dalam penyusuran sungai. Air yang jernih kebiruan, jumlah ikan kakap merah yang banyak, suasana tenang, serta sepanjang tepian sungai yang menyuguhkan horizon pepohonan hijau adalah beberapa hal yang dapat Anda temukan dalam petualangan di Sungai Maron Pacitan.
Menyusuri Sungai Maron Pacitan
Menyusuri Sungai Maron Pacitan
Anda hanya perlu membayar biaya sewa perahu Sungai Maron sekitar Rp 100-150 ribu, mampu menampung 5 hingga 6 orang, dan harga tersebut sudah termasuk dengan juru kemudi perahu. Berbincang dengan tour guide yang notabene adalah warga lokal merupakan cara terbaik dalam mengeksplorasi keindahan Sungai Maron tersebut.
Aliran Sungai Maron bermuara di Pantai Ngiroboyo. Setiap tahun, di sungai ini diadakan lomba dayung berjarak 300 meter yang telah dimulai sejak tahun 2012 silam. Tatkala tiba di muara sungai yang notabene berujung di Pantai Ngiroboyo, Anda dapat melakukan beberapa kegiatan menarik di pantai tersebut, seperti surfing dan water tubing.
Muara Sungai Maron Pacitan
Muara Sungai Maron Pacitan

Rute Perjalanan ke Sungai Maron Pacitan

Perlu diketahui bahwa kota Pacitan berjarak sekitar 270 km dari kota Surabaya, atau sekitar 100 km dari kota Solo. Jika Anda dari Solo, rute yang dapat ditempuh adalah melalui Jln. Raya Solo – Pacitan, lalu mengambil arah ke Desa Dersono saat melewati pertigaan Desa Ngadirejan (ini sudah berada di dalam wilayah Kec. Pringkuku).
Patut diketahui, medan jalan saat menuju Sungai Maron ini terbilang tidak mulus. Selain itu, Anda juga harus melalui kondisi jalanan yang menanjak dan berlika-liku. Pastikan untuk tetap berhati-hati tatkala mengemudikan kendaraan menuju sungai yang indah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar