Rabu, 25 Maret 2015

4 Cara Menghindari Stroke Usia Dini

Tujuh dari sepuluh orang dewasa berpeluang besar terkena stroke dan serangan jantung. Hal ini diakibatkan karena tekanan darah yang tinggi. Melansir Mirror, tekanan darah tinggi atau hipertensi dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat. Seperti jarang berolah raga, serta mengkonsumsi makanan cepat saji, gorengan atau berlemak. Ironisnya, di kehidupan urban seperti saat ini, gaya hidup sehat kerap dianggap hal sepele. Tak heran jika di bawah umur 35 tahun, banyak orang-orang yang memiliki tekanan darah di atas rata-rata. Kondisi seperti ini juga yang membuat banyak orang terserang stroke di usia muda.

Berikut ini adalah solusi untuk mengendalikan tekanan darah agar tidak melebihi batas:

1. Jus Bit
Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Hypertension, minum secangkir (250 ml) jus bit, dapat menurunkan tekanan darah hingga 7 persen. Hal ini dikarenakan, dalam minum sehat itu terdapat kandungan nitrat alami yang dapat menekan tekanan darah.
2. Lari Pagi
Jogging satu jam seminggu, dapat meningkatkan harapan hidup sekitar 6 tahun, menurut Copenhagen City Heart. Para peneliti percaya, bahwa jogging memegang kendali pada kesehatan. Pasalnya, kegiatan ini dapat meningkatkan penyerapan oksigen tubuh, yang secara otomatis dapat menurunkan tekanan darah.
3. Diet Garam
Cara lainnya, untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan diet garam. Garam menarik cairan di tubuh, sehingga meningkatkan volume dan tekanan darah di arteri.
4. Hindari Rokok
Amy Thompson, perawat jantung di British Heart Foundation, mengatakan, nikotin dalam rokok merangsang tubuh untuk memproduksi adrenalin, sehingga membuat jantung berdetak lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Jika sobat salah satu penderita hipertensi dan perokok,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar