Kamis, 26 Maret 2015

10 Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

1. MANDI AIR HANGAT

Cara ini bisa dikatakan praktis, cepat, dan, menyenangkan. Bayangkan saja pengobatan yang bisa dilakukan dengan santai di bathub. Atau sambil nari-nari dibawah shower. Bagi hidung yang tersumbat, uap air dari air hangat ini bisa “mengencerkan” lendir di hidung sehingga mudah untuk dikeluarkan atau “ditarik” kembali.

2. MENGGUNAKAN UAP AIR

Jika tidak bisa mandi air hangat, uap air bisa dijadikan alternatif, karena air yang dibutuhkan relatif lebih sedikit daripada jumlah air untuk mandi. Kita hanya memerlukan sebaskom air, atau setara dengan satu termos air panas. Gunakan wadah yang lebih besar dari wajah Anda, tuangkan air panas ke dalamnya. Lalu siapkan handuk, dekatkan wajah Anda ke permukaan air dengan kepala dikurungi handuk sehingga tidak banyak uap air yang terbuang. Uap air inilah yang akan melegakan hidung Anda.


3. MINUM AIR HANGAT

Mungkin Anda sedang bekerja di kantor, atau di tempat yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan sebaskom air panas. Anda bisa minum segelas air hangat, bisa dicampur susu, kopi atau teh, pastikan suhunya diatas 30 derajat celcius sehingga ketika minum, ada uap air yang terhirup. Selain itu, cara ini bisa menghangatkan tubuh Anda seketika dan melancarkan peredaran darah. Hal ini bisa membuat hidung Anda lega lebih cepat.

4. MINUM AIR JERUK HANGAT

Jika tidak familiar dengan air hangat yang tawar, atau merasa tidak nyaman jika harus minum air tawar yang hangat, tambahkan sari jeruk, akan lebih bagus jika jeruk yang ditambahkan adalah perasan langsung, bukan produk pabrikan. Jeruk yang bisa digunakan diantaranya lemon, atau jeruk nipis. Selain membantu melegakan hidung, minuman ini juga bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Jika ingin mendapatkan yang lebih banyak dan rasa yang lebih enak, gunakan madu secukupnya.

5. MINUM TEH HERBAL

Teh herbal bisa dianggap sebagai obat yang paling aman untuk meredakan hidung tersumbat, tapi jika kita minum teh herbal, khususnya teh hijau terlalu banyak, ada efek samping yang harus kita tanggung. Teh herbal juga bisa mengencerkan lendir dan melegakan hidung tersumbat.

6. MENYANTAP MAKANAN PEDAS

Mungkin Anda juga suka “masakan padang” yang terkenal dengan citarasa pedasnya. Nah, masakah pedas ini juga bisa gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat. Anda juga akan membuktikan bahwa masakan pedas akan membuat hidung anda meler, dan ini tentunya sangat bagus untuk mengatasi hidung tersumbat.

7. MAKAN SUP AYAM

Jika ada waktu atau memang sedang dirumah, cobalah mengkonsumsi sup ayam (hingga kenyang). Semangkuk sup ayam sangat bagus untuk mengatasi hidung tersumbat. Sup ayam ini mengandung sistein yang sangat berguna untuk mengencerkan hidung, sehingga hidung kembali lancar.

8. BERKUMUR DENGAN GARAM

Ini merupakan alternatif terakhir dengan makanan, yaitu dengan garam. Larutkan satu sendok makan garam ke dalam air, seperti kita membuat oralit tapi tanpa gula, atur jangan sampai terlalu asin untuk mulut Anda. Setelah larut dan suhunya sudah cukup hangat (tidak terlalu panas), kumurkan larutan garam ini. Cara ini merupakan alternatif terbaik untuk meredakan hidung tersumbat.

9. GUNAKAN MINYAK KAYU PUTIH

Cara ini alternatif bagi Anda yang sedang dalam perjalanan, siapkan minyak kayu putih, atau minyak angin, atau minya aromatherapi, atau siapkan inhaler.  Cara ini lebih praktis karena bisa digunakan dengan cara menghirupnya, atau dengan mendekatkannya ke hidung. Untuk hasil yang lebih baik, campurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam sebaskom air panas, lalu hirup uapnya selama kira-kira 10 menit.

10. TIDUR TELENTANG DENGAN POSISI ATAS LEBIH TINGGI

Ini adalah alternatif bagi Anda yang sendang berada dirumah. Setelah berkumur dengan garam, mengrirup uap air yang dicampur minyak kayu putih, minum jeruk hangat, dan minum air hangat, tapi belum ada hasilnya. Berbaringlah dengan posisi telentang, posisi yang bagus adalah kepala lebih tinggi hingga hampir duduk, atau membentuk sudut 45 derajat. Ganjal punggun dan leher Anda dengan bantal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar