Rabu, 25 Maret 2015

SEJARAH PENEMUAN VIRUS

SEJARAH PENEMUAN VIRUS

Kisah bagaimana awal mula virus pertama kali diungkap pada tahun 1883. AdalahAdolf Mayer, seorang saintis jerman, melakukan percobaan untuk mengetahui penyebab mengetahui penyakit tersebut di tandai dengan adanya bercak-bercak berwarna kuning pada daun tembakau.
Berdasarkan hasil percobaannya tersebut, A. Meer mengungkapkan bahwa penyakit mosaik dapat menular ke daun-daun tanaman yang sehat melalui ekstrak daun tembakau yang di semprotkan. Namun, A. Meyer tidak menemukan adanya mikrob penyebab penyakit tersebut pada ekstra daun tembakau yang terinfeksi. Ia menduga bahwa penyakit mosaik tersebut disebabkan oleh bakteri berukuran kecil yang tidak dapat dilihat dengan mikroskop cahaya.
Kira-kira sepuluh tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1892 seorang ahli biologi rusia bernama Dimitri Ivanowsky menguji hipotesis yang di ungkapkannya oleh A. Meyer. Ivanowsky mencoba melewatkan ekstrak daun tembakau yang sudah terkena penyakit mosaik melalui suatu saringan porselen yang dirancang kusus untuk menyaring bakteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar