Selasa, 28 Oktober 2014

Musisi Paling Berpengaruh Di Dunia

Berikut adalah para musisi dan maestro bidang musik yang mempunyai pengaruh besar di dunia hingga saat ini. Para musisi ini telah memperkenalkan musik hingga mendunia sampai sekarang dan menjadi tumpuan banyak orang termasuk musisi-musisi terkenal dunia saat ini seperti Michael Jackson (Alm), The Beatles, dan lain-lain.
 




1. Ludwig Van Beethoven (1770-1827)

    Ludwig Van Beethoven

Ludwig van Beethoven adalah seorang komponis musik klasik dari Jerman. Karyanya yang terkenal adalah simfoni ke-lima dan ke-sembilan, dan juga lagu piano Für Elise. Ia dipandang sebagai salah satu komponis yang terbesar dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik. Semasa muda, ia adalah pianis yang berbakat, populer di antara orang-orang penting dan kaya di Wina, Austria, tempatnya tinggal. Beethoven merupakan seorang komponis Jerman yang menciptakan musik yang menarik dan dramatis. Saat pertama kali diperdengarkan, musiknya dianggap sangat memukau dan orisinil. Ia terus menulis komposisi lagu bahkan setelah ia menjadi tuli pada tahun 1801. Ketuliannya semakin parah dan pada 1817 ia menjadi tuli sepenuhnya. Meskipun ia tak lagi bisa bermain dalam konser, ia terus mencipta musik, dan pada masa ini mencipta sebagian karya-karyanya yang terbesar.
Beethoven nyaris memuja Goethe, seorang penulis Jerman yang paling terkenal. Seperti si jenius di bidang sastra itu, Beethoven meyakini bahwa seniman memiliki tugas untuk mengungkapkan kegalauan sekaligus kedamaian dalam diri seseorang dan untuk mencari kesempurnaan orang itu sendiri. Musik Beethoven penuh dengan kontras-kontras yang tajam. Beethoven merupakan salah seorang pemikir teragung dalam dunia musik.Dilihat dari sejarah, karya Beethoven dibangun di atas prestasi zaman Klasik, tetapi sosoknya menjulang tinggi seperti patung raksasa di abad ke-18 dan 19, yang menjadi jembatan menuju zaman Romantik. Ia merupakan orang terakhir dalam tiga serangkai komponis klasik dari Wina, yakni Haydn, Mozart, dan Beethoven. Salah satu ciri utama musik Beethoven adalah kedalaman isinya yang emosional.

2. Wolfgang Amadeus Mozart (1756-1791)

   Wolfgang Amadeus Mozart

Wolfgang Amadeus Mozart yang bernama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart (lahir di Salzburg, 27 Januari 1756 – meninggal di Wina, Austria, 5 Desember 1791), adalah seorang komponis. Ia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik klasik Eropa yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah. Karya-karyanya (sekitar 700 lagu) termasuk gubahan-gubahan yang secara luas diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan musik paduan suara. Contoh karyanya adalah opera Don Giovanni dan Die Zauberflöte.
Wolfgang Amadeus Mozart menunjukkan kejeniusannya dalam bermusik saat ia masih anak-anak. Kemudian ia dapat menghasilkan simfoni dengan beberapa nada yang dipilih secara acak dari tuts piano.Mozart menulis simfoni pertamanya saat baru berusia 8 tahun. Ia telah menulis lebih dari 600 komposisi musik, termasuk 41 simphony, dan opera seperti The Magic Flute dan The Marriage of Figaro. Banyak dari karya Mozart dianggap sebagai repertoar standar konser klasik dan diakui sebagai mahakarya musik zaman klasik. Karya-karyanya diurutkan dalam katalog Köchel-Verzeichnis. The Great Mass in C minor K. 427/417a adalah karya Mozart yang dinilai sebagai salah satu karya terbesar. Mozart menulis C Minor Mass sebagai bukti janji kepada istrinya Constanze, dan ayahnya, Leopold. Mass ini ditampilkan pertama kali di Gereja St. Peter Abbey, Salzburg pada 26 Oktober 1783 dan soprano solo pada penampilan perdana ini ialah istri Mozart sendiri.

3. Jimi Hendrik (1942-1970)

   Jimi Hendrix

Jimi lahir pada 27 November 1942 di Seattle, Washington, dengan nama Johnny Allen Hendrix yang kemudian dirubah menjadi James Marshall Hendrix di usia empat tahun oleh ayahnya. James Marshall “Jimi” Hendrix adalah seorang musisi, penyanyi, penulis lagu, gitaris dan tokoh budaya Amerika. Ia sering disebut sebagai salah satu gitaris paling berpengaruh dalam sejarah musik, khususnya dalam musik rock dan gitar elektrik. Dia dapat memainkan gitar dengan tangan kanan ataupun tangan kiri. Gitar Fender Stratocaster dengan tanda tangannya berharga sangat mahal. Jimi merupakan penemu efek gitar. Gitaris asal Amerika Serikat ini tentu dikenal oleh semua orang, dari kalangan awam hingga kalangan musisi, khususnya gitaris. Dewa gitar ini terkenal dengan pengenalan teknik-teknik baru dalam permainan gitar, sound effect yang solid dengan teknik permainan gitar, serta dapat melakukan solo gitar sambil bernyanyi.
Gitaris yang merupakan anggota Club 27 ini meninggal di usia 27 tahun dan hanya selama 4 tahun berkarir sebagai musisi. Banyak gitaris dunia yang mengakui bahwa sosok Jimi Hendrix pantas mendapat tempat sebagai gitaris terbaik sepanjang masa di urutan pertama. Permainan gitarnya seakan mengalir begitu saja tanpa kesusahan sedikit pun. Jimi Hendrix juga merupakan idola dewa-dewa gitar dunia dan juga idola gitaris masa kini. Karya-karya Jimi Hendrix menjadi salah satu inspirasi terbesar dalam dunia musik terutama permainan gitar yang berkembang di abad ke-20. Nama-nama besar seperti Yngwie, Brian May, Ritchie Blackmore, Steve Lukather, Eric Clapton, Slash, Joe Satriani, Paul Gilbert, dan Steve Vai merupakan sedikit gitaris yang terinspirasi oleh karya-karya Jimi. Bahkan dalam setiap voting atau polling di majalah-majalah, Jimi Hendrix selalu terpilih sebagai The Greatest Guitarist All Time.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar